News Update :

AUDUSD Menguat Pasca Penjualan Retail Australia

Friday, December 4, 2015

Penjualan retail Autralia untuk bulan oktober ini dilaporkan mengalami kenaikan 0.5 persen. Hal ini terjadi berkat kenaikan 3.5 persen pada penjualan di departemen store. Disamping itu, perlatan rumah tangga juga menguat dengan kenaikan hingga 1.1 persen. Total belanja retail pada bulan Oktober mencapai $24.65 miliar pada bulan Oktober, naik dari $24.5 miliar pada bulan September, demikian yang disebutkan oleh Biro Statistik Australia hari Jumat ini.

Kepala Ekonom Capital Economics, Paul Dales, mengatakan kepada Sydney Morning Heralds, bahwa angka tersebut sesuai dengan perkiraan Capital Economics, yakni 0.5 persen. Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan konsumsi memperoleh momentum menjelang musim belanja Natal. "Kenaikan 0.5 persen bulan-ke-bulan menyusul perolehan 0.4 persen dalam dua bulan yang lalu, sehingga sektor konsumsi untuk kuartal keempat ini mendapat permulaan yang baik."

Akan tetapi, masyarakat tampaknya masih agak enggan untuk makan di kafe dan restoran karena penjualan untuk sektor tersebut menurun 0.6 persen. Begitupula dengan penjualan pakaian dan asesoris yang dilaporkan menurun 0.1 persen. Pasca laporan ini, AUD/USD diperdagangkan pada posisi 0.7331, atau turun 0.19 persen.

Nilai ekspor Australia terpantau anjlok 3 persen kemarin dibandingkan dengan bulan Oktober akibat rendahnya permintaan terhadap komoditas Australia seperti emas. Hal ini ironis mengingat bahwa kemarin GDP Australia dilaporkan sangat memuaskan karena adanya peningkatan dalam sektor ekspor barang dan jasa. Oleh karena itu, AUD/USD diperdagangkan pada posisi 0.7317 menurun 0.31 persen dari posisi sebelumnya.
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2014 Blog Suprafx.com | IB Instaforex